Era pengelolaan hutan pada hutan produksi oleh unit manajemen dalam bentuk Ijin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu Pada Hutan Alam yang dulunya bernama Hak Pengusahaan Hutan ( HPH ), sampai dengan tahun 2000 boleh dikatakan menganut prinsip "kissing in the dark " dalam hal publikasi, yang bearti bahwa biarlah pengelolaan hutan ini hanya diketahui oleh pengelola saja, dunia lain tidak perlu tahu apa yang telah dilakukan oleh unit manajemen.

Namun dengan berjalannya waktu dan era globalisasi informasi sudah tidak bisa dibendung lagi, sangat jelas dirasakan bahwa informasi mengenai pengelolaan hutan oleh unit manajemen mengarah ke opini negative, hal ini dapat dimengerti karena selama ini dunia luar tidak tahu persis apa yang telah terjadi dan dilakukan para pengelola hutan.

Media website Kliamangrove ini adalah salah satu sarana jawaban untuk mengetahui lebih banyak lagi perihal pengelolaan hutan, khususnya hutan mangrove yang selama ini hanya dikenal kerusakannya saja, disamping itu unit manajemen juga memberikan informasi perihal peluang kerjasama untuk mengelola dan memanfaatkan sumberdaya hutan mangrove yang belum dilakukan selama ini, antara lain: perdagangan karbon, wood pellets energy ( salah satu satu alternative energy terbarukan ), ecotourism menjelajah mangrove dan hasil hutan bukan kayu lainnya.

Lisman Sumardjani sobat karib saya sering mengatakan bahwa mengelola hutan secara lestari ibarat mengelola " ayam bertelur emas " yang berarti apabila ingin sumberdaya hutan terus ada dan lestari, maka hutannya harus tetap terjaga dan terpelihara dengan baik, jangan biarkan hutan rusak bila produksinya ingin tetap diharapkan mengisi pundi.

Untuk memastikan bahwa pengelolaannya ditangani oleh sekelompok orang yang sudah terbukti mempunyai komitmen pengelolaan hutan mangrove lestari, maka mulai dari pemegang saham, komisaris dan direksi unit manajemen PT. Kandelia adalah sosok yang sudah berpengalaman selama kurang lebih 30 tahun hidup dan berprofesi sebagai tenaga di bidang pengelolaan mangrove, mulai tahun 1978 di Provinsi Riau, Tahun 1990 membangun Hutan tanaman mangrove di Sumatera Selatan dan akhirnya tahun 1995 sampai sekarang mengelola mangrove Batu Ampar.

Passion manajemen dan dengan dukungan semua pihak, yaitu Pemerintah, Masyarakat dan bersama-sama dengan manajemen kandelia, diharapkan pengelolaan mangrove dapat dilakukan secara bertanggungjawab untuk diwariskan kepada generasi selanjutnya.

Dari Kami

Manajemen PT. Kandelia

Ir. Fairus

Direktur Utama

Fairus Mulia, January 23, 2014

selamat launching web kandelia, mudah2an bermanfaat dan dapat menambah wawasan pengelolaan mangrove lestari bagi yang mengunjunginya......

Danang, February 5, 2014

Selamat Pak Fairus atas kehadiran website PT. Kandelia Alam, semoga banyak membawa manfaat bagi semua pihak yang memerlukan.

fairus mulia, February 3, 2015

terima kasih semuanya, atas telah terselenggaranya kegiatan main assessment audit fsc certificate di pt. kandelia alam dan pt. bina ovivipari semesta, semoga pengelolaan hutan mangrove menjadi lebih diketahui dan diakui oleh kalayak nasional dan internasional.........

Fairus Mulia, January 27, 2014

selamat atas live nya web PT. Kandelia, semoga bermanfaat

fairus mulia, November 24, 2015

selamat atas perolehan sertifikat voluntary FSC-FM dan FSC-CW, semoga selalu dapat memegang amanah pengelolaan hutan lestari.
terima kasih atas bantuan semua pihak
salam
fairus mulia

Raden Soedradjad, September 30, 2014

Selamat buah Akang Fairus Mulia ....... Salam Lestari !!!!

Mengelolan hutan secara berkelanjutan merupakan tantangan "kita" semua ..... karena tanpa pengelolaan hutan yang berkelanjutan maka tidak ada pembangunan berkelanjutan .... sebab jalan yang baru dibangun akan hilang karena hutan rusak ..... bahkan jalan tol di atas lautpun akan runtuh bila hutan mangrove disekelilingnya hilang tak berbekas.
Agar hutan mangrove dapat lestari keberadaannya, maka harus mempunyai manfaat ekonomi bagi masyarakat (terutama masyarakat miskin) serta manfaat sosial bagi masyarakat dan tentunya para pejabatnya yang ingin menikmati kesejukan dan keasrian hutan mangrove.

Oleh karena itu, Uda Fairus ...... teruskan perjuangan melestarikan hutan mangrove ... tetapi jangan kesampingkan fungsi ekonomi, sosial dan estetikanya.

Salam Lestari dati Jember
Jayenk al Raden Soedradjad

Nazuratul Aswad, March 7, 2016

Assalamualaikum..Wr..Wb..
Hallo bapak fairus saya nazura mahasiswi IPB yg PKL di kandelia alam, senang sekali dpt menemukan web perusahaan kandelia semakin menambah wawasan lagi, semangat terus untuk bapak sehat selalu smeoga hutan alam di batu ampar dapat selalu lestari
amin...

salam
Nazuratul Aswad
Departemen SIlvikultur
Fakultas Kehutanan
Institut Pertanian bogor

Hidayat,T, February 6, 2014

Selamat atas launching web kandeliamangrove sebagai salah satu pengelola hutan mangrove di indonesia , terus maju dan berkembang memberikan manfaan sebesar besarnya bagi masyarakat dan ilmu pengetahuan
salam rimbawan

fairus mulia, October 1, 2014

terima kasih atas comment dan support dari sobatku um Jayenk, Insya'Allah amanah........

Taju, February 2, 2014

Sebuah jendela baru untuk kita, untuk menambah khsanah informasi pengelolaan hutan di indonesia, bahwa tidak jauh dari lingkungan kita sendiri sebuah pengelolaan hutan lestari telah berjalan dan dilakukan secara profesional.
Semoga semua informasi ini dapat merubah paradigma lama tentang pengelolaan mangrove yang cenderung negatif, menjadi paradigma baru yang lebih baik, atau bahkan kita bisa sepakat bahwa hakikat pengelolaan hutan lestari di indonesia adalah salah satunya "Pengelolaan Hutan Mangrove Secara Berkelanjutan". Hal ini saya kira tidak berlebihan apalagi setelah menelusuri Wibsite ini.
Kita menebang mangrove bisa dipastikan yang tumbuh jenis mangrove lagi, bukan yang lain, berbeda dengan tipe hutan lainnya, misalnya hutan rawa gambut atau hutan darat lainya, kita menebang meranti yang tumbuh mahang. Sepanjang ekosistem hutan mangrove ini tidak dikonversi menjadi fungsi lain dan ditunjang dengan pengelolaan yang baik, dijamin "jamrud hatulistiwa ini" akan terus memmancarkan kemilaunya.
Saya harap web ini dapat terus di update sehingga akan menjadi salah satu sumber informasi dan referensi pengelolaan hutan lestari di indonesia. sehingga "kissing in the dark" menjadi "kissing under light on the beautiful park"
Selamat PT. Kandelia, Selamat Pengelolaan Hutan Lestari Indonesia, Bravo...

Leave a comment